Home » » Lestarikan Alam Kita, Sekarang!!

Lestarikan Alam Kita, Sekarang!!

Allah Tuhan pencipta alam berfirman; “ Dan telah nampak kerusakan di darat dan dilaut yang disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari akibat perbuatan mereka, agar mereka kembali ke jalan yang benar”. QS Ar Ruum : 41.

Manusia telah kehilangan kemampuannya meramal dan mencegah. "Ia akan berakhir jika ia merusak bumi yang menjadi tempat tinggalnya.” Ada  kesan ironis dan efek rasa takut yang ingin dihadirkan melalui kutipannya tersebut. Bahwa manusia tidak selamanya akan memiliki kemampuan dan kekuasaan atas bumi. Bahwa jika perilaku tidak bersahabat terhadap bumi tidak segera diubah, maka sang manusia ini pun akan berakhir jua. Bumi beserta segala permasalahan dan misterinya memang telah menyita  perhatian kita belakangan ini. Masalah sampah, lahan hijau, hutan yang habis ditebangi, pencemaran udara, merupakan sebuah daftar panjang yang menjadi PR bagi para penghuninya. Banyak PR yang sebenarnya  tidak terlalu sulit diselesaikan jika para penghuni tersebut mulai untuk belajar mencintai sang bumi terlebih dahulu.

Kita, kamu, kalian, sebagai generasi muda, apa sih wujud nyata yang bisa diberikan, yang bisa dilakukan untuk perbaikan bumi? Sebenarnya banyak yang bisa dilakukan untuk perbaikan bumi. Terutama hal-hal kecil yang bisa dimulai dari perubahan gaya hidup kita. Buat kamu-kamu yang ingin sesuatu yang beda yang bisa mewadahi rasa  cinta kamu terhadap lingkungan, kamu bisa bergabung dengan organisasi-organisasi lingkungan. Sebut saja organisasi seperti WWF (World Wide Fund), Walhi, NIRWANA PALA ataupun Green Peace, yang kesemuanya sudah umum kita dengar, dan bayangkan masih ada 1.001 organisasi lingkungan lainnya yang siap menjaga kelestarian bumi ini.

Manfaatnya tentu banyak jika kita bergabung dengan organisasi semacam itu, kita bisa ikut berperan serta dalam program-program lingkungan yang mereka adakan, kita menjadi terpicu untuk semakin mencintai lingkungan  karena kita membawa nama organisasi, jalinan pertemanan yang luas dengan sesama anggota, dan pastinya kita harus bisa menjadi contoh atau teladan bagi teman-teman kita yang lain.

Ingat NIRWANA PALA adalah organisasi pecinta alam. Sebagai sebuah organisasi pecinta alam, tentunya tuntutan untuk peduli kepada alam, lebih besar daripada sebuah himpunan atau perkumpulan bocah lali omah. Dalam beberapa bulan terakhir, kita telah dididik dan dilatih serta dibekali materi-materi untuk hidup berpetualang di alam. Tetapi harus tidak berhenti sampai disitu, manusia yang memilki ilmu berarti juga punya kewajiban untuk mengamalkannya. Begitu pula dengan kita saat ini. Secara fisik serta ketrampilan kita telah dilatih, secara moral kita telah tertata, secara mental kita lebih kuat. Kini saatnya bekal dan persiapan kita pergunakan untuk pergi bergerak, berbuat sesuatu yang berarti bagi kelestarian alam ini. Tunjukkan bahwa hidup kita bisa lebih berguna daripada hari-hari sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar